Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( INTEGRASI : PENDIDIKAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL, NILAI CRADA & BAKTI,

KARAKTER BANGSA DAN ICT.)

1. Identitas

Nama Sekolah             : SMA Negeri 1 Bebandem

Mata Pelajaran           : Biologi

Kelas/Semester         : XII/1

2. Standar kompetensi   :  1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.

3. Kompetensi Dasar      : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan biji tanaman                                                                         Salak Sibetan (Salacca zalacca) sebagai potensi keunggulan lokal daerah Karangasem.

4. Indikator Pencapaian Kompetensi

1)    Membedakan ciri-ciri tumbuh dan berkembang dari tanaman.

2)    Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan.

3)    Menjelaskan dampak kekurangan/kelebihan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan.

4)    Menjelaskan variabel-variabel faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan.

5)    Menentukan variabel yang berpengaruh dan variabel bebas terhadap percobaan yang dirancang.

6)    Menuliskan rancangan percobaan yang direncanakan dengan pemanfaatan limbah batu tabas

mempergunakan biji tanaman Salak (Salacca zalacca) Desa  Sibetan sebagai potensi keunggulan lokal daerah

Karangasem.

7)    Menyimpulkan rancangan percobaan yang telah disusun atau dibuat

5.    Tujuan Pembelajaran

1)   Melalui kajian berbagai sumber belajar siswa dapat mengumpulkan ciri-ciri tumbuh dan berkembang dari suatu

tanaman

2)    Melalui pengalaman belajar siswa dapat menentukan  faktor-faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan

3)    Melalui diskusi informasi siswa dapat menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan.

4)    Siswa dapat menjelaskan variabel-variabel faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan.

5)    Siswa dapat menuliskan variabel yang berpengaruh dan variabel bebas terhadap percobaan yang dirancang.

6)    Melalui diskusi informasi siswa dapat merancang berbagai perlakuan dalam percobaan tentang faktor-faktor luar

yang mempengaruhi pertumbuhan biji tanaman Salak (Salacca zalacca) Desa  Sibetan sebagai potensi keunggulan

lokal daerah Karangasem

7)    Melalui diskusi informasi siswa dapat menyimpulkan hasil rancangan percobaan tentang faktor-faktor luar yang

mempengaruhi pertumbuhan

6. Materi Ajar

Pertemuan Uraian Materi
I

Pertumbuhan dan perkembangan

Salah satu ciri organisme adalah tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan diartikan sebagai suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversibe, yaitu tidak dapat balik seperti semula. Perkembangan adalah suatu proses menuju keadaan yang lebih dewasa.

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan hasil interaksi antara faktor-faktor dalam (gen dan hormon)dan factor luar/ lingkungan (nutrisi, air, oksigen, suhu, cahaya, medium, kelembaban, dan pH)

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan biji diawali dari perkecambahan.

Proses perkecambahan dipengaruhi oleh oksigen, suhu, dan cahaya

II Beberapa rumusan masalah faktor luar mempengaruhi pertumbuhan:1.  Apakah intensitas cahaya matahari dapat mempengaruhi pertumhuhan biji Salak (Salacca zalacca) ?2.  Apakah media tanam berpengaruh pada pertumbuhan biji Salak (Salacca zalacca) ?3.  Bagaimanakah pengaruh pemberian pupuk terhadap pertumbuhan biji Salak (Salacca zalacca) ?4.  Apakah air mempengaruhi pertumbuhan biji Salak (Salacca zalacca)?

5.  Dst

Rumusan hipotesa :

1.  Cahaya matahari mempengaruhi pertumbuhan biji tanaman Salak (Salacca zalacca)

2.  Cahaya matahari dapat memperlambat pertumbuhan biji tanaman Salak (Salacca zalacca)

3.  Media limbah  limbah batu tabas mempengaruhi pertumbuhan biji tanaman Salak (Salacca

zalacca)

4.  Air mempengaruhi pertumbuhan biji tanaman Salak (Salacca zalacca)

5. dan seterusnya.

Rancangan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan biji tanaman Salak (Salacca zalacca)  (sesuai dengan topik yang diperoleh melalui undian kelompok)

contoh ; isi secara garis besar

Tema : pertumbuhan pada tanaman Salak (Salacca zalacca)

Rumusan masalah 1. : apakah intensitas cahaya matahari mempengaruhi pertumbuhan tanaman Salak (Salacca zalacca)?

Rumusan masalah 2. : apakah limbah batu tabas mempengaruhi pertumbuhan tanaman Salak (Salacca zalacca)?

Hipotesa 1 : intensitas sinar matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan biji tanaman Salak (Salacca zalacca).

Hipotesa 2 : limbah batu tabas berpengaruh terhadap pertumbuhan biji tanaman Salak (Salacca zalacca).

Menentukan variabel yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman Salak (Salacca zalacca).

Menetukan variabel bebas dan variabel terikat dari rancangan percobaan pertumbuhan tanaman Salak (Salacca zalacca).

Macam macam variabel percobaan tersebut adalah :

a. Variabel yang berpengaruh terhadap percobaan tersebut : limbah batu tabas air dan cahaya

b. Yang merupakan variabel bebas adalah cahaya.

c. Sedangkan variabel terikatnya adalah : panjang kecambah, warna daun dan batang dan berat kecambah.

Pembuatan usulan percobaan dimulai dengan tahap-tahap sebagai berikut : membuat rumusan masalah, menentukan hipotesis, menentukan variabel, melakukan studi literatur, menentukan parameter, menentukan alat dan bahan yang digunakan, membuat rancangan percobaan.

7. Alokasi Waktu

Alokasi waktu yang diperlukan sebanyak 8 X 45 menit  yang dibagi dalam :

1)    pertemuan pertama 3 x 45 menit .

2)    pertemua kedua 2 x 45 manit.

8. Model Pembelajaran

1)    Pendekatan   : ketrampilan proses sains.

2)    Strategi         : discovery inquari

3)    Metode Pembelajaran : ceramah, diskusi, dan tanya jawab

9. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I (2×45 menit)

No Struktur Kegiatan Pembelajaran Waktu
1 Pendahuluan
  • Membuka palajaran dengan salam dan presensi
  • Menyampaikan kompetensi dan indikator yang akan dicapai

Prasyarat pengetahuan:

  • Salah satu ciri mahluk hidup, Pengertian pertumbuhan

Motivasi

  • Memotivasi siswa dengan cara tanya jawab tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
10’
2 Kegiatan Inti Eksplorasi 1:

  • Menugaskan siswa membaca literatur untuk menemukan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan melalui internet dan buku penunjang.
  • Mengidentifikasi dan menemukan masalah pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

Elaborasi 1:

  • Membagikan LKS Pertumbuhan dan Perkembangan pada masing-masing  kelompok
  • Mengkaji beberapa masalah pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
  • Menuliskan hipotesa dari masalah hasil kajian untuk dibuktikan dalam kegiatan investigasi. Siswa yang lain memberikan pendapat dilandasi sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hipotesis yang terbaik.
  • Menulisakan variabel yang berpengaruh terhadap pertumbuhan

Konfirmasi 1

  • Memberikan umpan balik terhadap masalah dan hipotesis yang telah disusun
  • Memberikan penekanan terhadap masalah dan hipotesis hasil kajian pada tiap kelompok tentang  faktor-faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, yang dapat diuji melalui eksperimen
  • Memberikan penekanan tentang :

Bagaimana merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap perkecambahan/pertumbuhan

Eksplorasi 2:

  • Mengidentifikasi langkah-langkah untuk menguji hipotesa yang sudah disepakati
  • Mengidentifikasi cara analisis data tentang pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

Elaborasi 2:

  • Menuliskan cara kerja pengujian hipotesa (langkah-langkah eksperimen)
  • Mendiskusikan dan menyusun rancangan percobaan pengaruh factor luar luar terhadap pertumbuhan  tanaman Salak (Salacca zalacca)  dalam kelompoknya (rancangan disesuaikan dengan tugas masing-masing kelompok
  • Menetukan variabel bebas dan variabel terikat dari rancangan percobaan yang dibuat.
  • Membimbing dan mengarahkan diskusi dengan cara mendekati tiap kelompok  sehingga diperoleh penyelesaian yg benar. Sedangkan kelompok siswa yang dikritisi dan dikontruksi pendapatnya senantiasa terbuka untuk menerima saran dan kritik dari teman atau guru.

Konfirmasi 2

  • Memberikan penekanan dan umpan balik terhadap langkah eksperimen yang diusulkan dengan mendekati masing-masing kelompok sehingga memperoleh penyelesaian yang benar
110’
3 Penutup Penutup

  • Menyimpulkan factor-faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan
  • Menyusun jurnal belajar yang berisi laporan tentang identifikasi masalah, rumusan masalah dan hipotesanya.

(Secara diskusi kelas membuat  kesimpulan konsep – konsep materi esensial yang telah dibahas)

●  Menyusun jurnal belajar yang berisi laporan

( bagaimana merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap perkecambahan/pertumbuhan ( rancangan disesuaikan dengan tugas masing-masing kelompok ), mulai dari merumuskan masalah,merumuskan hipotesa, merancang percobaan

15’

Pertemuan II (2×45 menit)

No Struktur Kegiatan Pembelajaran Waktu
1 Pendahuluan Pendahuluan

  • Membuka palajaran dengan salam dan presensi
  • Menyampaikan kompetensi dan indikator yang akan dicapai

-Prasyarat pengetahuan:

  • Rumusan masalah dan hipotesis yang akan dibuktikan melalui kegiatan  investigasi

-Motivasi

  • Memotivasi siswa dengan cara tanya jawab tentang faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan bagaimana rancangan percobaannya
10
2 Kegiatan Inti Kegiatan IntiA. Eksplorasi :

  • Menugaskan siswa mendiskusikan kembali rancangan percobaan yang sudah disusun
  • Mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan rancangan yang telah disusun untuk dipresentasikan melalui diskusi kelas dilandasi rasa percaya diri dan mempertangungjawabkan terhadap pekerjaanya.
  • Setelah waktu identifikasi cukup tiap kelompok  diharapkan menyiapkan mempresentasikan hasil kerjanya dihadapan kelas mempergunakan media power point berbasis ICT

B. Elaborasi :

  • Menugaskan siswa dalam kelompoknya mempresentasi rancangan percobaan didepan kelas untuk mendapat penyempurnaan secara klasikal, guru memfasilatasi dan mengarahkan diskusi dengan cara memberikan masukan pada hal-hal yang perlu mendapat perhatian dalam melaksanaka percobaan nantinya
  • Memberikan rasioanal terhadap rancangan percobaan yang disusun melalui diskusi kelas

C. Konfirmasi

  • Guru memberikan penekanan pada hal-hal yang perlu atau akan dilakukan dalam menguji hipotesanya (seperti: pemilihan biji, media tanam, penempatan perangkat percobaan dll)
  • Memberikan umpan balik terhadap rancangan percobaan yang telah disusun oleh masing-masing kelompok  sebagai pedoman  kegiatan selanjutnya
70’
3 Penutup Penutup

  • Secara klasikal Siswa menyimpulkan hal-hal yang sudah didikusikan (tanggapan maupun masukan dalam presentasi kelompok yang berhubungan dengan factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan ) dan prediksi factor-faktor yang tidak dapat dikendalikan dalam melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhdap pertumbuhan yang akan dikerjakan dalam kelompoknya
10’

10. Penilaian Hasil Belajar

a. Tehnik penilaian :

Penilaian proses             : psikomotor, afektif

Penilaian Hasil Belajar : tes tulis

b.   Alat penilaian                  : tes pilihan ganda dan uraian

c.  Pedoman penilaian       : rubrik psikomotor, rubrik afektif, rubrik presentasi lisan,dan rubrik laporan tugas-tugas.

11. Tugas Terstruktur :

Mengerjakan LKS : struktur biji dikotil dan monokotil

Menyusun  rancangan penelitian eksperimental pengaruh factor-faktor luar terhadap pertumbuhan biji tanaman Salak (Salacca zalacca)

12. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur :

Membaca contoh-contoh proposal penelitian eksperimental dan laporan hasil penelitian peneliti lainya

13. Sumber Belajar :

Alat  : Laptop, LCD Projection panel dan Power Point

14. Referensi :

a.    Biologi Untuk SMA/MA Kelas XII, Purwatiningsih, S, 2006, Jakarta : PT Pabelan Cerdas Nusantara.
b.   Biologi 3, Kelas XII SMA dan MA, Herlina Ida dkk, 2007, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
c.   Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran, Akhmad Sudrajat,    hhtp//www.psb.psma/org/blogs/ahmadsudrajat

Catatan :

Pedoman penskoran-penskoran tes tertulis dan rubrik pedoman penilaian terlampir!

MengetahuiKepalaSMA Negeri 1BebandemDrs. I Ketut Marta ArianaNIP. 19631220199601 1 001 Amlapura,1 Juli 2010Guru Bidang Studi Biologi,Drs. I Ketut Marta ArianaNIP. 19631220199601 1 001

Lampiran-lampiran.

Lampiran 1 : Alat penilaian tes pilihan ganda dan uraian

I.  Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!

1. Dalam proses pertumbuhan tananam ada faktor yang mempercepat pertumbuhan dan ada yang menghambat. Faktor yang manakah penghambat pertumbuhan tumbuhan …………

A.      Angin

B.      Suhu

C.      Cahaya

D.      Kelembaban

E.      Fitohormon

2.   Tiga faktor  yang mempengaruhi pertumbuhan biji dalam proses perkecambahan  adalah ………

A. air, udara, dan tanah.

B.  tanah, udara, dan suhu

C.  tanah, air, dan suhu

D. cahaya,  suhu, dan kelembaban.

E.  air, udara, dan suhu

3.   Yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ada dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal.  Faktor internal  yang berpengaruh pada pertumbuhan tumbuhan adalah ……

A.  Nutrisi

B.  Suhu

C.  Oksigen

D.  Cahaya

E.  Hereditas

4.   Di tempat gelap pertumbuhan tumbuhan jelas akan kekurangan cahaya yang mengakibatkan pertumbuhan batangnya kurus memanjang dan warnanya kuning pucat. Peristiwa tersebut disebut ………

A. Gutasi

B.  Etiolasi

C.  Plasmolisis

D. Tymotropisme

E.  Fototropisme

5.   Hormon pada tumbuhan berfungsi untuk merangsang pembentukan organ-organ tubuh diantaranya hormon :

1. autokalin                       3. Kaulokalin                         5. Auksin

2. rizokalin                                    4. Fitokalin                            6. Traumalin

Hormon yang berfungsi untuk merangasng pembentukan bunga, akar dan daun adalah….

A.    1 – 2 – 3               C. 1 – 2 – 4                            E. 2 – 3 – 5

B.    2 – 4 – 5               D. 3 – 4 – 5

II Jawablah dengan singkat dan jelas

1.   Sebutkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan!

2. Perhatikan rangcangan percobaan  berikut :

Tujuan : Untuk dapat mengetahui pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman Salak (Salacca zalacca).

Alat dan Bahan :

1)    Nampan plastik

2)    Limbah batu tabas

3)    Tanah

4)    Air

5)    Biji tanaman Salak (Salacca zalacca)

Langkah kegiatan :

1)    Rendamlah biji tanaman Salak (Salacca zalacca).

2)    Semaikan masing-masing sepuluh biji tanaman Salak (Salacca zalacca) pada  4 nampan  plastik  dengan perlakuan

sebagai berikut :

a. Nampan 1 diberi label A dan diisi limbah batu tabas disemaikan 20 biji tanaman Salak (Salacca zalacca) ditaruh

ditempat terang

b. Nampan 2 diberi label B diisi medium tanah disemaikan 20 biji tanaman Salak (Salacca zalacca) ditaruh ditempat

terang

c. Nampan 3 diberi label c diisi limbah batu tabas disemaikan 20 biji tanaman Salak (Salacca zalacca) ditaruh

ditempat gelap.

d. Nampan 2 diberi label B diisi medium tanah disemaikan 20 biji tanaman Salak (Salacca zalacca) ditaruh ditempat

gelap.

3)    Amati setiap hari selama satu minggu, ukurlah panjang kecambah, warna daun dan batang dan timbanglah

beratnya pada akhir pengamatan.

a. Tentukan variabel yang berpengaruh terhadap pertumbuhan !

b. Tentukan mana yang merupakan variabel bebas dan variabel terkat !

c. Antara medium limbah batu tabas dan tanah medium manakah yang paling baik pengaruhnya terhadap proses perkecambahan biji tanaman Salak (Salacca zalacca).

d. Jelaskan alasaan dari jawaban no. c tersebut di atas.

Kunci jawaban soal objektif

1. A 2. E 3. E 4. B 5. C

Kunci jawaban soal esai

1.   Pertumbuhan adalah           : proses kenaikan volume yang reversible (tidak kembali ke asal), karena adanya

tumbuhan substansi dan perubahan bentuk yang terjadi selama proses tersebut. Terjadinya jumlah dan ukuran sel

dapat diukur serta dinyatakan secara kuantitatif.

Perkembangan adalah : proses tercapainya menuju kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna. Perkembangan dinyatakan secara kualitatif yang prosesnya berjalan sejajar dengan pertumbuhan.

2.  a. Variabel yang berpengaruh terhadap percobaan tersebut : air, cahaya, limbah batu tabas, dan tanah

b. Yang merupakan variabel bebas adalah cahaya, dan tanah karena dibuat berbeda. Sedangkan variabel terikatnya adalah : panjang kecambah, warna daun dan batang dan berat kecambah biji tanaman Salak (Salacca zalacca).

c. Variabel control adalah air karena pada masing-masing medium diberikan air yang sama.

.

Skor maksimal jawaban objektif 10, jawaban esai tiap soal 2,5 jalau betul semua 15 x 10 ; 15

Lampiran 2 :

RUBRIK PSIKOMOTOR

(Kecakapan Berpikir)

1.  Kecakapan Menggali Informasi

Skor Karakteristik
4321 Sumber informasi bervariasi (minimal 3 sumber) dan informasi yang dikumpulkan relevan dengan masalah yang dikajiSumber informasi bervariasi (minimal 3 sumber) dan sebagian informasi yang dikumpulkan relevan dengan masalah yang dikajiSumber informasi kurang bervariasi dan sebagian besar informasi yang dikumpulkan kurang relevan dengan masalah yang dikajiSumber informasi sangat kurang dan kebanyakan informasi yang dikumpulkan tidak relevan dengan masalah yang dikaji.

2. Kecakapan Mengelola Informasi

Skor Karakteristik
4321 Interpretasi dan analisisi informasi akurat, rinci dan relevan dengan masalah yang dikajiInterpretasi dan analisis informasi akurat, kurang rinci dan sebagian kecil tidak relevan dengan masalah yang dikajiInterpretasi dan analisis informasi akurat, kurang rinci dan sebagian tidak relevan dengan masalah yang dikajiInterpretasi dan analisis tidak akurat, tidak rinci dan hanya sedikit yang relevan dengan masalah yang dikaji.

3.  Kecakapan Merumuskan atau Memecahkan Masalah

Skor Karakteristik
4321 Memahami masalah, rumusan dan jawaban masalah benarBila salah satu kriteria di atas ada yang kurang lengkapBila salah satu kriteria di atas tidak terpenuhi (salah)Bila hanya satu dari kriteria di atas yang terpenuhi

4. Kecakapan Merumuskan Hipotesis

Skor Karakteristik
4321 Rumusan hipotesis jelas dan relevan dengan masalah yang dikajiRumusan hipotesis jelas dan kurang relevan dengan masalah yang dikajiRumusan hipotesis kurang jelas dan kurang relevan dengan masalah yang dikajiRumusan masalah hipotesis kurang jelas dan tidak relevan dengan masalah yang dikaji

5. Kecakapan Meneliti

Skor Karakteristik
4321 Metode dan prosedur penelitian akurat dan seluruh informasi yang diperoleh relevan dengan masalah yang dikajiMetode dan prosedur penelitian akurat dan sebagian kecil informasi  yang diperoleh kurang relevanMetode dan prosedur penelitian kurang akurat dan sebagian kecil informasi yang diperoleh kurang relevan.Metode dan prosedur penelitian kurang akurat dan sebagian besarl informasi yang diperoleh kurang relevan dengan masalah yang dikaji.

Lampiran 3 :

RUBRIK APEKTIF

(Penilaian Sikap)

Nama : …………………………………………….

Kelas/No.Absen :………………………………

2. Standar kompetensi   :  1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.

3. Kompetensi Dasar      : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

Petunjuk Pengisian

1.     Isilah Nama, Kelas dan Nomor Absen pada tempat yang disediakan

2.     Isilah kotak dibawah respon siswa yang sudah ditentukan dengan tanda rumput

No Aspek yang Dinilai Respon Siswa
1 Pendapat siswa mengenai Senang Tidak Senang
a.      Materi pelajaranb.     Topik Masalah ……………………….. ……………………………………..
2 Pendapat Siswa Tentang Pembelajaran Baru Tidak Baru
a.     Materi Pelajaranb.     Topik Masalahc.     Pembelajaran yang digunakan ……………………………………………………… ……………………………………..………………….
3 Minat siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan model :1)  Pendekatan   : ketrampilan proses sains.2)  Strategi         : discovery inquari3)  Metode Pembelajaran : ceramah, diskusi, dan tanya jawab Berminat Tidak berminat
………….. …………………
4 Pemahaman siswa terhadap bahasa yang digunakan dalam buku dan LKS Paham Tidak Paham
………….. …………………
5 Kebermanfaatan topik masalah dalam kehidupan sehari-hari Bermanfaat Tidak bermanfaat
………….. ………………….

Lampiran 4 :

RUBRIK PRESENTASI LISAN

2. Standar kompetensi   :  1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada biji tanaman Salak (Salacca zalacca).

3. Kompetensi Dasar      : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan biji tanaman Salak (Salacca zalacca)

Kriteria Skor
– Materi disajikan dengan jelas- Suara cukup jelas dan mudah dipahami- Kontak mata baik- Organisasi presentasi baik 5
– Materi disajikan dengan cukup jelas- Volume suara cukup keras- Jarang melakukan kontak mata- Organisasi presentasi baik 4
– Materi disajikan dengan cukup jelas- Volume suara tidak teratur-  Melihat catatan (kontak mata tidak teratur) 3
–  Pembicara terlalu banyak memberi penjelasan- Pembicara sulit menepati waktu- Tidak ada kontak mata-    – Presentasi kurang diorganisir 2
– Presentasi tidak sesuai dengan topik- Suara tidak didengar- Kontak mata sangat jarang-  Presentasi tidak terorganisir 1