SANG JUARA MENGULAS KARYA SASTRA TINGKAT NASIONAL

Satu lagi guru dari Kabupaten Karangasem berhasil mengukir prestasi di tingkat nasional. Kali ini prestasi membanggakan tersebut diraih oleh Ida Bagus Putu Weda, S.S, guru bidang studi Bahasa Indonesia yang bertugas di SMA Negeri 1 Bebandem. Ida Bagus Putu Weda, SS pada tanggal 10 November 2009 waktu ini berhasil meraih peringkat VI Tingkat Nasional dalam rangka Lomba Mengulas Karya Sastra yang diselenggrakan oleh Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Ida Bagus Putu Weda, SS mengangkat novel yang berjudul Nayla karya dari Djenar Maesa Ayu. Ulasan novel yang diberi judul “ Krisis Nilai-Niai Kehidupan Dalam Bahtera Rumah Tangga, (ulasan terhadap Novel Nayla, Karya Djenar Maesa Ayu) pada awalnya berhasil lolos peringkat 15 besar dari 121 naskah yang masuk ke panitia. Selanjutnya pada tanggal 9 sampai dengan 11 November para finalis yang berasal dari 10 propinsi tersebut dipanggil ke Jakarta untuk mempresentasikan ulasannya dan Ida Bagus Putu Weda merupakan satu-satunya wakil dari Bali yang berhasil lolos menjadi finalis. Sebelum berangkat, ke Jakarta, Ida Bagus Putu Weda bersama Kepala SMA Negeri 1 Bebandem, Wayan Sugiana, S.Pd., M.Pd mengahadap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karangasem , Drs. I Gusti Ngurah Suwetha, M.Si pada tanggal 26 Oktober 2009 untuk melaporkan keberhasilan menjadi finalis yang telah diraih sekaligus berpamitan dan memohon dukungan dari Pemkab Karangasem atas prestasi yang telah diraih tersebut.

Dalam ulasan terhadap novel Nayla tersebut, IB Putu Weda berhasil mengulas dengan apik permasalahan yang dihadapi Nayla, seorang gadis yang dari kecil telah mengalami kekerasan secara fisik dan psikis dalam keluarganya sehingga nilai-nilai kehidupan seperti pesan moral, pesan pendidikan, tanggung-jawab, kesetiaan yang ingin disampaikan pengarang dalam novel tersebut bisa lebih gampang dicerna dan diterima oleh pembacanya. Ida Bagus Putu Weda merasa sangat berbangga dan bersyukur atas prestasi yang telah diraih meskipun belum mampu meraih peringkat pertama. Meskipun demikian,guru yang diusianya 37 tahun ini masih membujang menyatakan bahwa menjadi satu-satunya wakil Bali di ajang lomba tingkat nasional pada Lomba Mengulas Karya Sastra ini merupakan satu kebanggaan tersendiri dan memberikan pengalaman yang sangat berharga di sepanjang karirnya menjadi guru.

Keberhasilan yang telah diraih oleh IB Putu Weda, SS ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, terlebih dari pihak SMA Negeri 1 Bebandem tempatnya selama ini bertugas. Menurut Kepala SMA Negeri 1 Bebandem, Wayan Sugiana, S.Pd. M.Pd, yang merupakan alumnus Program Pasca Sarjana UNDIKSHA , prestasi yang diraih oleh staf pendidik di sekolah yang dipimpinnya tersebut adalah prestasi yang sangat membanggakan dan prestasi pertama yang diraih oleh SMA N 1 Bebandem di tingkat nasional. Kepala Sekolah yang baru-baru ini berhasil meraih Juara Harapan II pada Seleksi Kepala Sekolah Berprestasi SMA Tingkat Propinsi Bali Tahun 2009 ini juga mengungkapkan bahwa prestasi yang diraih Ida Bagus Putu Weda tersebut membuktikan bahwa sekolah yang berada dilokasi pedesaan dengan segala keterbatasan sarana dan prasarananya tidak kalah dengan sekolah yang berada dikota dalam upaya meraih prestasi baik di bidang akademis maupun non akademis. Hal ini bisa menjadi contoh yang sangat baik dan memberi motivasi bagi guru-guru lainnya agar mampu berprestasi dalam setiap menjalankn tugasnya. Beliau juga berharap ke depan akan tumbuh dan berkembang prestasi-prestasi baru yang mendongkrak prestise sekolah dan kabupaten di tingkat propinsi dan nasional. Semoga.

4 Komentar

Filed under Beranda

4 responses to “SANG JUARA MENGULAS KARYA SASTRA TINGKAT NASIONAL

  1. dandelion09

    hebat! ^_^

  2. januarini

    selamat ya pak, pdhl sy tiap hari ketmu bapak pas PPL tpi sy bru tw kehebatan Bapak lewat weblog! moga sukses selalu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s